Kamis, 21 Maret 2013

Kunci Ilmu pengetahuan

Terdapat tiga macam kunci untuk mendapatkan ilmu, yaitu :

1.Membaca
Allah berfirman dalam Al-Qur'an surat Al-alaq : 1-5 yang berbunyi
"Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang maha pemurah, yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak di ketahuinya."
arti kehidupan

Rasulullah saw. telah memberi kesempatan kepada tawanan musyrikin quraisy dalam petang Badar yang tidak sanggup menebus dirinya dengan harta, agar mengajar membaca dan menulis kepada sepuluh anak orang Islam sebagai tebusan. Hal ini menunjukkan betapa besarnya perhatian Rasulullah terhadap mata pelajaran  membaca dan menulis sebagai kumci ilmu pengetahuan.
Arti Kehidupan

2. Menyelidiki Alam Semesta
Allah berfirman dalam  Al-Qur'an surat Yunus : 101 yang berbunyi
"katakanlah : perhatikanlah apa yang ada dilangit dan di bumu. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan Rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman."
arti kehidupan


Al-Qur'an surat Sasba' :46
"Katakanlah : sesungguhnya aku hendak meperingatkan kepadamu suatu hal saja, yaitu supaya kamu menghadap Allah (dengan ikhlas) berdua-dua atau sendiri-sendiri; kemudian kamu fikirkan (tentang ciptaan Allah)."

3. Mengadakan perjalanan di atas bumi Allah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar