Jumat, 22 Maret 2013

ADAB MENCARI ILMU


ADAB MENCARI ILMU

1. Ikhlas karna Allah.
Sebagai seorang muslim yang baik kita harus selalu mengoreksi dan memperbaiki niat pada siri kita. Masihkah kita bersifat riya' ??

2. Menjauhi semua larangan Allah.

3. Menyingkirkan sifat buruk.
Bermalas-malasan adalah kebiasaan buruk yang lumrahnya dilakukan oleh seseorang, terlalu bersantai dan bermental cengeng. Semua itu dapat menjadi penghalang untuk kita menuntut ilmu, maka dari itu kita harus menyingkirkan semua itu.
arti kehidupan

4. Berhati-hati dalam makanan.
Seorang pencri ilmu harus lebih berhati-hati dalam memakan makanan, tidak boleh terlalu kenyang, harus benar-benar halal.
Karena kenyang akan membuat kita mudah mengantuk, menumpulkan akal, melemahkan perasaan dan badan menjadi malas.
Makanan haram dapat menyulitkan kita dalam menyerap ilmu.
arti kehidupan

5. Tidak terlalu banyak tidur dan Bicara.
Pembicaraan itu kadang ada hiasan, tambahan dan pengurangan. Orang yang banyak bicara akan menuggu fitnah, orang yang diam akan menuai rahmat.

6. Selektif memilih kawan
Betapa celakanya seorang muslim apabila ia bergaul hanya akan membaca sia-sianya umur tanpa guna, rusaknya aqidah, hancurnya harta benda dan jatuhnya harga diri.
Pilihkah kawan yang sholeh, punya pemahaman dien, taqwa, waro, cerdas, suka berbuat baik, sopan, suka diskusi yang bermanfaat, suka mengingatkan, sabar. Karna kawan yang seperti itu akan membawamu menuju surga.

7. Memilih ilmu yang di bahas dan pengajarnya
Pilihlah ilmu yang sesuai dengan kita, perdalam ilmunya.
Pilihlah guru yang benar-benar baik, cara berpakaianya, tutur bicaranya dan sholat lima waktunya.

8. Menjaga adab terhadap guru
Menghormati guru adalah sunnah dan janganlah berdebat dengan guru kita sendiri, karna itu tudak akan membawa manfaat bagi kita sendiri.
arti kehidupan

9. Menjaga adab terhadap kitab
Imam Syafi'i berkata : Berkahnya ilmu hadist adalah merawat buku.

10. Adab di ruang belajar
Seorang murid ketika memasuki sebuah majlis hendaklah punya semangat yang membara, hatinya berkonsentrasi pada pelajaran, tidak terganggu oleh kesibukan luar majlis, dan ketika memasuki ruangan hendaklah menebarkan salam dengan suara yang terang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar